Cara Licik Donald Trump Supaya AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

donald trump presiden amerika 2018

Donald Trump melakukan cara yang kontroversial supaya negara yang dia pimpin, Amerika Serikat, jadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Ia melakukan ancaman pada negara lain andai tak ikut mendukung.

Amerika Serikat sudah melayangkan proposal pada FIFA agar jadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Mereka berharap jadi tuan rumah bersama dengan Meksiko dan Kanada.

Sampai detik ini, baru ada Maroko yang melayangkan penawaran serupa. FIFA bakal merilis siapa tuan ruamh turnamen tersebut di Moskow, Rusia, pada 13 Juni 2018.

Supaya negaranya bisa menyingkirkan Maroko, Donald Trump mengultimatum pada para sekutu Amerika Serikat lewat jejaring sosial Twitter pribadinya.

“Kami telah mengajukan permintaan demi menjadi penyelenggara Piala Dunia 2026 bersama Kanada dan Meksiko,” tulis Trump.

“Bakal amat disayangkan bila negara yang selama ini mendapatkan bantuan dari kami bakal menentang keinginan ini. Kenapa kami harus memberikan dukungan apabila mereka tidak melakukannya (termasuk saat di Perserikatan Bangsa-Bangsa),” ucap Donald Trump.

Aksi Trump tersebut dinilai sebagai tekanan untuk pemilih. Pihak FIFA pun berkomentar dan ingin Trump tak mengulanginya lagi. Walau tak berbicara secara langsung tentang klaim Trump, FIFA berharap pemimpin negara tak memengaruhi integritas dalam proses pemilihan tuan rumah.

“Dalam peraturan umum kami tak bisa berkomentar soal pernyataan khusus sehubungan proposal menjadi tuan rumah Piala Dunia,” tulis pernyataan FIFA.

“Kami cuma akan merujuk ke dalam aturan FIFA menyangkut pemilihan tuan rumah Piala Dunia, termasuk etika yang ada di dalamnya,” lanjut pernyataan resmi FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *